Cendikia Pendidikan
Vol. 5 No. 12 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan

SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERBASIS WEB PADA SD NEGERI PASAYANGAN KABUPATEN KUNINGAN

Ano Kusdiono (Unknown)
Eva Rahmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2024

Abstract

Sistem informasi akademik merupakan suatu sistem yang dirancang untuk mempermudah pengelolaan data akademik di suatu lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web di SD Negeri Pasayangan Kabupaten Kuningan. Sistem ini dirancang untuk mengatasi masalah administrasi manual yang rentan terhadap kesalahan dan memakan waktu, serta meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan data akademik. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan sistem waterfall, yang mencakup tahap analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi, dan pengujian. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem ini mampu meningkatkan kecepatan, kemudahan, dan ketepatan dalam pengolahan data, serta meminimalisir kesalahan. Pengujian dengan teknik User Acceptance Test (UAT) menunjukkan bahwa sistem ini user-friendly dan efektif dalam menyediakan akses informasi akademik bagi guru dan siswa. Implementasi sistem ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas manajemen sekolah dan layanan pendidikan di SD Negeri Pasayangan Kabupaten Kuningan. Kata Kunci: Sistem Informasi Akademik, Manajemen Data, Berbasis Web, Pengujian Keterimaan Pengguna, SD Negeri Pasayangan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...