Cendikia Pendidikan
Vol. 6 No. 2 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan

UNCLOKING POTENSI DIRI PESERTA DIDIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL DENGAN BERMAIN dan MENARI UNCLOKING STUDENTS' SELF-POTENCY BASED ON LOCAL WISDOM BY PLAYING AND DANCING

Asmoko, Abdul Azis Andre (Unknown)
Afridha Sesrita (Unknown)
Syukri Indra (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2024

Abstract

ABSTRAK Pendidikan memainkan peran penting dalam membentuk karakter dan potensi peserta didik, terutama di era globalisasi dan kemajuan teknologi. Tantangan dunia pendidikan semakin kompleks, sehingga peserta didik perlu menguasai pengetahuan akademis dan kemampuan adaptasi. Salah satu metode inovatif adalah memanfaatkan kearifan lokal dalam pembelajaran, seperti bermain dan menari. Penelitian ini bertujuan membuka potensi peserta didik dengan metode kualitatif deskriptif melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan manfaat seperti kreativitas, berpikir kritis, karakter positif, dan pengetahuan tentang budaya. Kata Kunci: Potensi diri,Kearifan lokal, Bermain dan Menari ABSTRACT Education plays an important role in shaping the character and potential of students, especially in the era of globalization and rapid technological advancement. The challenges in education are becoming increasingly complex, requiring students to master academic knowledge and adaptability skills. One innovative method is to utilize local wisdom in learning, such as through play and dance. This research aims to unlock students' potential using a descriptive qualitative method through interviews, observations, and documentation. The research results show benefits such as creativity, critical thinking, positive character development, and knowledge of culture. Keywords: Personal potential, local wisdom, playing and dancing.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...