Cendikia Pendidikan
Vol. 6 No. 2 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan

PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI LINGKUNGAN KELUARGA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM (TINJAUAN NILAI-NILAI DAN METODE) DI DESA HADUNDUNG KECAMATAN KOTAPINANG KABUPATEN LABUHANBATU SELATAN

Hasibuan, Samsinar (Unknown)
Fauzi Ahmad Syawaluddin (Unknown)
Fitri Endang Srimulat (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2024

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai Pendidikan karakter yang ditanamkan pada anak usia dini dan metode yang digunakan dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter anak usia dini di lingkungan keluarga dalam perspektif Pendidikan islam.Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Metode dalam pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini alah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode observasi dilakukan dengan mengamati sebuah keluarga dan lingkungan keluarga yang berkaitan dengan Upaya Orang tua Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Metode wawancara yang dilakukan yaitu wawancara terencana tidak terstruktur. Metode yang terakhir yaitu dokumentasi dengan menggunakan sumber data langsung (primer) dan sumber data tak langsung (sekunder).Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam perspektif pendidikan islam, nilai-nilai yang di tanamkan pada anak usia dini di lingkungan keluarga, mencakup : (1) Religius, (2) kejujuran, (3) disiplin, (4) mandiri, (5) tanggung jawab.Metode yang digunakan, meliputi : (1) Metode keteladanan, (2) metode pembiasaan, (3) metode nasihat dan motivasi, (4) metode penghargaan dan hukuman. Dari metode tersebut yang paling tepat adalah metode pembiasaan, karena anak lahir di dunia diibaratkan seperti kertas putih bersih yang belum tergores satu titik tinta pun. Segala sesuatu yang tergores didalam hatinya baik berupa kegiatan, tulisan, ucapan atau apapun yang ia lihat maka akan tertanam dalam dirinya sesuai dengan kebiasaan dan pola asuh orang tuanya.Kata Kunci: Pendidikan Karakter Anak Usia Dini AbstractThe aim of this research is to determine the values of character education that are instilled in early childhood and the methods used in instilling the values of character education in early childhood in the family environment in the perspective of Islamic education. This research is a type of descriptive qualitative research. . The data collection methods used in this research are observation, interviews and documentation. The observation method is carried out by observing a family and the family environment which is related to parents' efforts to instill character education values in early childhood from an Islamic education perspective. The interview method used was a planned, unstructured interview. The final method is documentation using direct data sources (primary) and indirect data sources (secondary). The research results show that in the perspective of Islamic education, the values instilled in children at an early age in the family environment, includes: (1) Religious, (2) honesty, (3) discipline, (4) independence, (5) responsibility. The methods used include: (1) Exemplary method, (2) habituation method, (3) ) methods of advice and motivation, (4) methods of rewards and punishments. Of these methods, the most appropriate is the habituation method, because children born into the world are likened to clean white paper that has not been scratched by a single dot of ink. Everything that is etched in his heart, whether in the form of activities, writings, words or whatever he sees, will be ingrained in him according to the habits and upbringing patterns of his parents.Keywords: Early Childhood Character Education

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...