Kurikulum Merdeka, yang mengintegrasikan mata pelajaran IPA dan IPS menjadi Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS), bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang lingkungan secara holistik. Penelitian ini berfokus pada motivasi belajar siswa kelas V di SDN Kertayasa pada materi jaring-jaring makanan, dengan tujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi intrinsik dan ekstrinsik siswa. Metode penelitian kualitatif digunakan, melibatkan observasi, wawancara, dan analisis data berdasarkan model Miles dan Huberman. Hasil menunjukkan bahwa motivasi intrinsik siswa sangat tinggi, dengan 74,58% menunjukkan hasrat dan keinginan berhasil, 79,38% memiliki dorongan dan kebutuhan belajar yang tinggi, serta 79,17% mengaitkan pembelajaran dengan cita-cita masa depan mereka. Motivasi ekstrinsik juga signifikan, dengan 79,58% siswa merasakan dampak positif dari penghargaan, dan 77,92% menunjukkan bahwa lingkungan belajar yang kondusif berperan penting. Temuan ini mengindikasikan bahwa penerapan metode pembelajaran yang bervariasi dan menciptakan lingkungan belajar yang mendukung dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Kata kunci: Kurikulum Merdeka, Motivasi Belajar
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024