Cendikia Pendidikan
Vol. 6 No. 11 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan

PENERAPAN METODE BERNYANYI DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADAT SANTRI YAYASAN INSAN ANUGRAH INDONESIA TAHUN 2023

Muhammad Shodikul Amri Assyaifi (Unknown)
Moch. Hasyim Fanirin (Unknown)
Iis Susiawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Peserta didik cenderung malas mengikuti proses pembelajaran, lebih suka berbicara dengan teman-temannya, dan memiliki daya serap yang masih rendah. Semua ini mengindikasikan kurangnya minat peserta didik terhadap materi yang diajarkan oleh guru, yang pada akhirnya akan berdampak negatif pada pemahaman dan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran bahasa Arab. Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui penerapan metode bernyanyi, hambatan dan solusinya dalam meningkatkan penguasaan mufradat. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bernyanyi merupakan metode yang efektif dan efesien dari segi waktu dan segi materi. Adapun faktor penghambat pada metode bernyanyi adalah persiapan lagu yang perlu dikuasai, waktu yang singkat serta kesulitan dalam memilih lagu yang sesuai dan dipahami anak didik. Adapun solusi penerapan metode bernyanyi dalam meningkatkan penguasaan mufradat antara lain dengan penanganan secara intens kepada siswa, penguasaan materi, dan guru harus energik dan aktif serta selalu memberikan hal positif untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...