Pembelajaran yang kurang perhatian oleh siswa di dalam kelas dapat mengakibatkan hasil belajar siswa yang kurang baik. Studi ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS 1 SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto Geografi melalui model pembelajaran sortir kartu. Metodelogi penelitian tindakan kelas digunakan dalam studi ini. Hasil studi menunjukkan bahwa nilai rata-rata aspek kognitif pada siklus I sebesar 82,9, tingkat ketuntasan klasikal berkisar antara 90,60% sampai dengan 85,71, dan tingkat ketuntasan klasikal pada siklus II sebesar 94%. Nilai afektif siswa pada siklus I sebesar 80,07, dan pada siklus II sebesar 85,54. Nilai psikomotor siswa pada siklus I adalah 79,29 dan siklus II 85,93. Kesimpulan dari studi ini adalah hasil belajar IPS 1 geografi siswa kelas X meningkat melalui penggunaan model card sorting.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023