Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha
Vol. 11 No. 3 (2023): Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL CARD SORT MATA PELAJARAN GEOGRAFI SMA MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO

Meisa, Meisa Aulia Dewi (Unknown)
Bramasta, Dhi (Unknown)
Mustolikh, Mustolikh (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2023

Abstract

Pembelajaran yang kurang perhatian oleh siswa di dalam kelas dapat mengakibatkan hasil belajar siswa yang kurang baik. Studi ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS 1 SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto Geografi melalui model pembelajaran sortir kartu. Metodelogi penelitian tindakan kelas digunakan dalam studi ini. Hasil studi menunjukkan bahwa nilai rata-rata aspek kognitif pada siklus I sebesar 82,9, tingkat ketuntasan klasikal berkisar antara 90,60% sampai dengan 85,71, dan tingkat ketuntasan klasikal pada siklus II sebesar 94%. Nilai afektif siswa pada siklus I sebesar 80,07, dan pada siklus II sebesar 85,54. Nilai psikomotor siswa pada siklus I adalah 79,29 dan siklus II 85,93. Kesimpulan dari studi ini adalah hasil belajar IPS 1 geografi siswa kelas X meningkat melalui penggunaan model card sorting.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JJPG

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Jurusan Pendidikan Geografi (JJPG) is a scientific journal that houses research articles and community service in the fields of law and social sciences. This journal can provide a description of the development of science and technology in the field of geography and geography education for ...