Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha
Vol. 12 No. 1 (2024): Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha

Efektivitas Pembelajaran Melalui Digital Learning System Berbasis Ipad Class Pada Proses Pembelajaran Mata Pelajaran Geografi Di Sma Harapan Mulia

Agustina, Ira Yunita (Unknown)
Sarmita, I Made (Unknown)
Citra, I Putu Ananda (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis proses pembelajaran geografi menggunakan Digital learning system berbasis I-Pad Class di SMA Harapan Mulia, menganalisis hambatan guru geografi dalam proses pembelajaran menggunakan Digital Learning berbasis iPad Class di SMA Harapan Mulia, menganalisis efektivitas Digital learning system berbasis Ipad Class terhadap proses pembelajaran di SMA Harapan Mulia.  Penelitian ini dirancang sebagai penelitian deskriptif dengan Subjek penelitian ini adalah yaitu Kepala Sekolah, Guru Geografi, dan peserta didik SMA Harapan Mulia. Data yang dikumpulkan melalui wawancara, dokumentasi dan  observasi yang kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Proses pembelajaran terdiri dari 4 tahap yakni perencanaan pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, penilaian, sampai dengan pengawasan atau monitoring menggunakan IPad yang dilengkapi dengan Mobile device management (MDM) yang dapat digunakan untuk memonitor, mengontrol dan melindungi perangkat mobile yang digunakan yakni berupa IPad, Proses pembeajaran digital learning berbasis iPad Class berjalan efektif karena semua indikator efektivitas pembelajaran menunjukkan hasil yang baik dan memenuhi kriteria indikator, dan Terdapat hambatan baik secara teknis seperti gangguan jaringan, dan hambatan non teknis berupa kurangnya kompetensi guru dalam penggunaan IPad sehingga masih diperlukannya pelatihan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JJPG

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Jurusan Pendidikan Geografi (JJPG) is a scientific journal that houses research articles and community service in the fields of law and social sciences. This journal can provide a description of the development of science and technology in the field of geography and geography education for ...