Media pembelajaran poster infografis belum diterapkan sepenuhnya dalam proses pembelajaran dikarenakan kemampuan guru dalam membuat poster infografis belum merata sehingga proses pembelajaran terkesan monoton dan siswa cenderung mudah bosan dan malas belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji validitas dan mengetahui respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran geografi menggunakan poster infografis berbasis aplikasi canva pada materi konsep dasar geografi siswa SMA. Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan model ADDIE, menghasilkan produk poster infografis dengan materi konsep dasar geografi. Media poster infografis valid digunakan sebagai media pembelajaran geografi berdasarkan hasil validasi ahli media mendapatkan nilai 4,41 dengan kriteria sangat valid, ahli materi mendapatkan nilai 4,41 dengan kriteria sangat valid, praktisi pembelajaran mendapatkan nilai 4,77 dengan kriteria sangat valid, dan hasil angket respon siswa mendapatkan nilai 4,51 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil validasi dan angket respon siswa dapat disimpulkan media pembelajaran poster infografis valid digunakan sebagai media pembelajaran geografi.
Copyrights © 2024