Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha
Vol. 12 No. 2 (2024): Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha

Pengembangan Media Pembelajaran Geografi Menggunakan Poster Infografis Berbasis Aplikasi Canva Pada Materi Konsep Dasar Geografi Siswa SMA

Puteri, Syafira Alifah Oktivia (Unknown)
Astutik, Sri (Unknown)
Apriyanto , Bejo (Unknown)
Mujib, Muhammad Asyrofu (Unknown)
Nurdin, Elan Artono (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2024

Abstract

Media pembelajaran poster infografis belum diterapkan sepenuhnya dalam proses pembelajaran dikarenakan kemampuan guru dalam membuat poster infografis belum merata sehingga proses pembelajaran terkesan monoton dan siswa cenderung mudah bosan dan malas belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji validitas dan mengetahui respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran geografi menggunakan poster infografis berbasis aplikasi canva pada materi konsep dasar geografi siswa SMA. Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan model ADDIE, menghasilkan produk poster infografis dengan materi konsep dasar geografi. Media poster infografis valid digunakan sebagai media pembelajaran geografi berdasarkan hasil validasi ahli media mendapatkan nilai 4,41 dengan kriteria sangat valid,  ahli materi  mendapatkan nilai 4,41 dengan kriteria sangat valid, praktisi pembelajaran mendapatkan nilai 4,77 dengan kriteria sangat valid, dan hasil angket respon siswa mendapatkan nilai 4,51 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil validasi dan angket respon siswa dapat disimpulkan media pembelajaran poster infografis valid digunakan sebagai media pembelajaran geografi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JJPG

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Jurusan Pendidikan Geografi (JJPG) is a scientific journal that houses research articles and community service in the fields of law and social sciences. This journal can provide a description of the development of science and technology in the field of geography and geography education for ...