Jurnal Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran (KIBASP)
Vol 7 No 1 (2023): Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran)

Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP

Kusmiarti, Reni (Unknown)
Rusmawati, Amik (Unknown)
Heryanti, Justya (Unknown)
Eloudia, Rinse (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan menulis teks eksposisi pada siswa kelas VIII SMPN 14 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif Penelitian ini melibatkan 32 siswa kelas VIII A SMPN 14 Kota Bengkulu. Pengumpulan data dilakukan melalui tes. Teknik analisis data meliputi beberapa langkah: (1) teks eksposisi tertulis dinilai berdasarkan indikator evaluasi, (2) hasil penilaian dicatat dalam tabel, (3) dihitung nilainya dengan menggunakan rumus rata-rata dan persentase, (4 ) hasil perhitungan dibandingkan dengan perhitungan tingkat penguasaan, dan (5) ditarik kesimpulan. Simpulan hasil penelitian kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMPN 14 Kota Bengkulu sebesar 78,25% yang berada dalam rentang 62,50 < x ≤ 81,25 yang menunjukkan tingkat kemahiran yang baik. Secara spesifik, aspek penguasaan dan kelengkapan isi teks memperoleh skor 27,38%, berada dalam rentang 25-29 yang dinilai sangat baik. Aspek koherensi dan kelengkapan struktur teks memperoleh skor 20,85%, berada dalam rentang 20-24, menunjukkan tingkat kemahiran yang baik. Aspek kosa kata dalam menulis teks ekspositori pada siswa kelas VIII SMPN 14 Kota Bengkulu memperoleh skor 20,90%, berada dalam kisaran 20-24, juga menunjukkan tingkat kemahiran yang baik. Kata kunci : Kemampuan Menulis; Teks Eksposisi; Siswa SMP

Copyrights © 2023