Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan menulis teks eksposisi pada siswa kelas VIII SMPN 14 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif Penelitian ini melibatkan 32 siswa kelas VIII A SMPN 14 Kota Bengkulu. Pengumpulan data dilakukan melalui tes. Teknik analisis data meliputi beberapa langkah: (1) teks eksposisi tertulis dinilai berdasarkan indikator evaluasi, (2) hasil penilaian dicatat dalam tabel, (3) dihitung nilainya dengan menggunakan rumus rata-rata dan persentase, (4 ) hasil perhitungan dibandingkan dengan perhitungan tingkat penguasaan, dan (5) ditarik kesimpulan. Simpulan hasil penelitian kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMPN 14 Kota Bengkulu sebesar 78,25% yang berada dalam rentang 62,50 < x ≤ 81,25 yang menunjukkan tingkat kemahiran yang baik. Secara spesifik, aspek penguasaan dan kelengkapan isi teks memperoleh skor 27,38%, berada dalam rentang 25-29 yang dinilai sangat baik. Aspek koherensi dan kelengkapan struktur teks memperoleh skor 20,85%, berada dalam rentang 20-24, menunjukkan tingkat kemahiran yang baik. Aspek kosa kata dalam menulis teks ekspositori pada siswa kelas VIII SMPN 14 Kota Bengkulu memperoleh skor 20,90%, berada dalam kisaran 20-24, juga menunjukkan tingkat kemahiran yang baik. Kata kunci : Kemampuan Menulis; Teks Eksposisi; Siswa SMP
Copyrights © 2023