Jurnal Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran (KIBASP)
Vol 7 No 1 (2023): Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran)

Pendekatan Saintifik Berbantuan Media Boneka Jari pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II Sekolah Dasar

Yulensi, Cici Saita (Unknown)
Frima, Aren (Unknown)
Ariani, Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri 39 Lubuklinggau pada pembelajaran Bahasa Indonesia setelah diterapkan pendekatan saintifik berbantuan media boneka jari. Metode penelitian yang digunakan yaitu Pre-Eksperimental dengan desain One-Group Pretest dan Posttest desain. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas II SD Negeri 39 Lubuklinggau. Pengambilan semapel menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tes. Data dikumpulkan dianalisis menggunakan uji-t pada taraf signifikan . Hasil analisis data didapat = 1,99 ≥ 1,71, sehingga dapat disimpulkan hasil belajar siswa SD Negeri 39 Lubuklinggau setelah diterapkan pendekatan saintifik berbantuan media boneka jari pada pembelajaran Bahasa Indonesia signifikan tuntas. Kata Kunci: Penerapan Saintifik, Media Boneka Jari, Hasil Belajar

Copyrights © 2023