Jurnal Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran (KIBASP)
Vol 8 No 1 (2024): Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran)

Penguasaan Kosa Kata dengan Keterampilan Menulis Cerpen

Nita, Olin (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2024

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan hasil deskripsi tentang hubungan penguasaan kosakata dengan keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas IX SMPN 3 Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota. Jenis penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh siswa kelas IX SMPN 3 Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota yang berjumlah 153 orang. Sampel dalam penelitian berjumlah 22 siswa. Instrumen yang digunakan berbentuk tes, yaitu tes objektif dan tes unjuk kerja. Tes obyektif untuk penguasaan kosakata, dan tes kinerja untuk keterampilan menulis cerita pendek. Berdasarkan hasil analisis data bahwa pertama, penguasaan kosakata siswa kelas IX SMPN 3 Kabupaten Harau Lima Puluh Kota berada pada klasifikasi baik dengan nilai rata-rata 80,45 pada rentang 86-95% pada skala 10. Kedua, keterampilan menulis Cerpen siswa kelas IX SMPN 3 Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota berada pada kelas kualifikasi lebih dari cukup dengan nilai rata-rata 73 pada rentang 66-75% pada skala 10. Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara kedua variabel karena t hitung lebih besar dari pada t tabel 2,3091 lebih besar dari 2,086. Simpulan, terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX SMPN 3 Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota. Kata Kunci: Keterampilan Menulis, Kosakata, Menulis Cerpen

Copyrights © 2024