Dalam melaksanakan kegiatan UPZ Masjid Al-Himmah memiliki beberapa permasalahan antara lain: terjadi kesalahan pencatatan penerimaan akibat human error, terjadi kekurangan nilai kas terhadap nilai pencatatan, data penerima zakat yang tidak akurat, dan selisih jumlah kupon keluar lebih banyak dari pada uang penerimaan. Adapun tujuan dari pengabdian tersebut adalah untuk meningkatkan kualitas Penerimaan dan Penyaluran Zakat pada Masjid Al-Himmah serta memberikan rekomendasi agar pelayanan UPZ Baznas dapat lebih baik di tahun berikutnya. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data yang diperoleh (berupa kata-kata, gambar atau perilaku), dan tidak dituangkan dalam bentuk bilangan atau angka statistik, melainkan dengan memberikan paparan atau penggambaran mengenai situasi atau kondisi yang diteliti dalam bentuk uraian naratif. Hasil analisis penerimaan dan penyaluran zakat menggunakan metode deskirpif kualitatif tersebut membuat Pengurus UPZ Al-Himmah dapat bekerja lebih akurat, dalam hal pencatatan baik penerimaan maupun pengeluarannya. Selain itu Penggunaan dokumen berbasis cloud seperti google docs akan dapat meningkatkan sinkronisasi data, dan dapat diakses oleh banyak pihak yang berkepentingan, sehingga informasi data dapat mengalir dengan cepat (real time).
Copyrights © 2023