Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui strategi Project Based Learning pembelajaran indonesiaku kaya budaya kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Mutiara Hati Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakatan kelas (PTK). PTK adalah proses pengkajian masalah pembelajaran di dalam kelas melalui refleksi diri dan upaya memecahkannya dengan cara melakukan berbagai tindakan yang terencana dalam situasi nyata serta menganalisis setiap pengaruh dari tindakan tersebut. Model PTK yang di gunakan adalah model kemmis dan taggart yang terdiri dari perencanaa, tindakan dan pengamatan, refleksi, dan perencanaan ulang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: strategi Project Based Learning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sudah terlaksana dan mengalami peningkatan yang dapat dilihat dari hasil observasi aktivias siswa siklus I 62,5% dan siklus II 77,08%. Berdasarkan wawancara, guru mengatakan siswa mengalami peningkatan motivasi belajar setelah menggunakan strategi Project Based Learning. Dan hasil angket yang dilakukan pada akhir siklus menunjukkan peningkatan motivasi dengan hasil siklus I 68,41% dan siklus II meningkat 71,63%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023