Pengabdian Pendidikan Indonesia (PPI)
Vol. 2 No. 01 (2024): Artikel Riset Periode April 2024

Pelatihan Aplikasi Pembelajaran Daring bagi Mahasiswa PGSD Universitas Efarina

Maulina, Intan (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2024

Abstract

Program pembelajaran yang berbasis komputer efektif dalam mempertahankan minat peserta didik, karena mampu memadukan berbagai jenis media, gambar bergerak selayaknya informasi yang tercetak. Namun dalam hal ini tidak sedikit guru dalam dunia pendidikan yang memanfaatkan smartphone dengan baik dalam upaya mendukung pendidikan dan perkembangan karakter siswa yang lebih baik. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah ceramah, diskusi, dan praktik penggunaan smartphone dalam menyajikan gagasan yang aspiratif bermoral dan bermanfaat bagi para mahasiswa PGSD. Hasil yang diperoleh dalam pengabdian ini diharapkan dapat bermanfaat secara teoritis dan praktis. Manfaat pengabdian ini antara lain: Mahasiswa PGSD sebagai calon guru atau pun guru akan lebih dapat menggunakan teknologi dengan tepat guna dan melakukan inovasi dengan berbagai aplikasi, khususnya pada masa pandemi Covid19. Sumbangan pemikiran dan bahan acuan bagi guru, calon guru, pengelola, pengembang, lembaga pendidikan dan peneliti/pengabdi selanjutnya yang ingin mengkaji secara lebih mendalam tentang pemanfaatan pembelajaran daring dan juga elearning. Simpulan dari pemas ini yaitu para mahasiswa PGSD baik ekstensi maupun regular kebanyakan tidak menggunakan aplikasi pembelajaran, mereka hanya menggunakan aplikasi Whatsapp dan SMS. Kegiatan Webinar ini sangat bermanfaat, karena sebagian para mahasiswa sudah pernah mendengar tentang aplikasi pembelajran ini namun bingung dengan cara pemakaiannya dan fungsinya. Penggunaan aplikasi pembelajaran yang diajarkan melalui webinar ini memberikan pengetahuan baru dan memudahkan para guru dan calon guru dari mahasiswa PGSD Universitas Efarina untuk melakukan pembelajran daring.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ppi

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Pengabdian Pendidikan Indonesia (PPI) bertujuan untuk mempublikasikan hasil pengabdian di bidang pendidikan yang berfokus pada penerbitan artikel yang berkualitas dan bermanfaat bagi perkembangan pendidikan. Artikel yang diserahkan akan ditinjau oleh komite teknis Jurnal. Semua artikel yang ...