Pengabdian Pendidikan Indonesia (PPI)
Vol. 2 No. 01 (2024): Artikel Riset Periode April 2024

Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penggunaan Canva untuk Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka

Gultom, Imeldawaty (Unknown)
Saragih, Rusmin (Unknown)
Pakpahan, Emma Martina (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2024

Abstract

Pelatihan peningkatan kompetensi guru dalam penggunaan Canva untuk pembelajaran berdiferensiasi di SMP Swasta Primbana Medan bertujuan untuk memperkuat keterampilan guru dalam memanfaatkan teknologi untuk mendukung implementasi Kurikulum Merdeka. Kegiatan ini berangkat dari kebutuhan untuk meningkatkan kualitas materi pembelajaran dan keterlibatan siswa melalui penggunaan alat digital yang inovatif. Pelatihan ini melibatkan sesi teori dan praktik yang dirancang untuk mengenalkan fitur Canva dan aplikasinya dalam pembuatan materi ajar yang visual dan interaktif. Metodologi yang digunakan dalam pelatihan ini mencakup pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, kuesioner, observasi, dan analisis dokumen untuk menilai peningkatan keterampilan guru dan kualitas materi pembelajaran yang dihasilkan. Hasil dari pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan guru dalam menggunakan Canva, yang berdampak positif pada kualitas materi pembelajaran. Guru-guru di SMP Swasta Primbana Medan kini dapat menciptakan materi yang lebih menarik dan sesuai dengan kebutuhan siswa, yang pada gilirannya meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa. Pelatihan ini juga berhasil membentuk komunitas belajar di kalangan guru, di mana mereka saling berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam penggunaan Canva. Temuan ini menunjukkan bahwa integrasi teknologi seperti Canva dapat mendukung pembelajaran berdiferensiasi dan pelaksanaan Kurikulum Merdeka dengan lebih efektif. Rencana tindak lanjut meliputi pendampingan berkelanjutan dan pengembangan modul pelatihan tambahan untuk memperkuat kemampuan guru dalam memanfaatkan teknologi pendidikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ppi

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Pengabdian Pendidikan Indonesia (PPI) bertujuan untuk mempublikasikan hasil pengabdian di bidang pendidikan yang berfokus pada penerbitan artikel yang berkualitas dan bermanfaat bagi perkembangan pendidikan. Artikel yang diserahkan akan ditinjau oleh komite teknis Jurnal. Semua artikel yang ...