Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik kesehatan mental peserta didik, faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kesehatan mental dan upaya guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kesehatan mental peserta didik jurusan kimia industri kelas X SMK SMTI Pontianak. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitaif dengan bentuk penelitian deskriptif dengan rancangan menggambarkan bagaimana kesehatan mental peserta didik jurusan kimia industri kelas X SMK SMTI Pontianak. Sampel yang di ambil sebanyak 41 peserta didik dengan teknik pengumpulan data kuesioner. Berdasarkan hasil menunjukkan bahwa kesehatan mental peserta didik kelas X Kimia Industri SMK SMTI Pontianak memperoleh hasil presentase 67% dalam kategori cukup. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan mental peserta didik kelas X Kimia Industri SMK SMTI Pontianak memperoleh hasil presentase 63% dalam kategori cukup dan Upaya yang dilakukan guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kesehatan mental peserta didik memperoleh hasil presentase 69% dalam kategori cukup.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024