Penelitian tentang interagrasi nilai akhlak mulia dalam pengembangan materi efektif inibertujuan untuk menunjukkan dan menjelaskan bagaimana pengintegrasian nilai-nilaiakhlak bagi kehidupan efektifan pembelajaran dan pembentukan karakter peserta didik.Jenis penelitian yang digunkan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan libraryresearch dimana semua datanya berasal dari pustaka. Oleh karena itu penelitian ini akandilakukan melalui metode pengumpulan data yang diperlukan dengan mencari informasidan bahan-bahan tertulis. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini fokus padapenelusuran dan telaah dokumen atau sumber data tertulis, baik data primer maupunsekunder. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Kedudukan akhlak dalam kehidupanmanusia menempati tempat yang penting, sebagai individu maupun masyarakat danbangsa, sebab jatuh bangunnya suatu masyarakat tergantung kepada bagaimanaakhlaknya. (2) Pendidikan akhlak yaitu sebuah proses yang dilakukan untukmenciptakan manusia-manusia yang seutuhnya; beriman dan bertaqwa kepada Tuhanserta mampu mewujudkan eksistensinya sebagai Khalifah Allah di muka bumi, yangberdasarkan kepada ajaran al-Qur’an dan sunnah, maka tujuannya adalam menciptakaninsan-insan kamil setelah proses pendidikan berakhir. Dengan demikian kalau dikaitkandengan pengertian Pendidikan, diperoleh sebuah pengertian bahwa pendidikan akhlakadalah upaya membelajarkan siswa untuk dapat memahami, menghayati danmengamalkan nilai-nilai agama Islam melalui kegiatan bimbingan, pengajaran ataupunlatihan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024