Dalam kegiatan pelayanan publik tidak akan terlepas dengan namanya komunikasi antara lembaga dengan publik. Kegiatan pelayanan publik pada hubungan masyarakat ini tidak hanya dilakukan karena kepentingan lembaga, tetapi juga pada masyarakat umum. Maka dari itu pentingnya mengetauhi fungsi dan peran dari humas dikepolisian itu sendiri sehingga dapan mengembangkan atau meningkatkan pelayanan humas. Disamping itu humas juga harus memiliki strategi agar peran pelayanan humas dikepolisian dapat berjalan dengan baik. Dari itu kepolisian menerapkan 4 strategi diantaranya; 1. Pendekatan Kemasyarakatan, ini menjadi penting guna membangun kepercayan dan juga terbukaan antara masyarakat dan juga kepolisian. 2. Pendekatan koordinatif dan integratif, dengan diterapkannya komunikasi terhadap banyak pihak sehingga menjadikan semakin banyaknya ide-ide, gagasan-gagasan dan pemikiran-pemikiran. 3. Pendekatan edukatif dan persuasif, humas yang harus andil dalam menerima dan berikan pandangan terhadap masyarakat. 4. Penyelenggaraan sistem penerangan terpadu, Melalui pemanfaatan media sosial, kegiatan kehumasan juga bisa merespon berbagai pendapat dan kritik masyarakat mengenai informasi publik mengenai hal-hal yang berkaitan dengan kepolisian. Hal itu dilakukan untuk menciptakan kepercayaan dan transparansi perkembangan informasi di masyarakat melalui humas kepolisian.
Copyrights © 2024