AL-KARIM: Journal of Islamic and Educational Research
Vol. 2 No. 2 (2024): APRIL

Penerapan Metode Cerita Dan Nasehat Untuk Membina Akhlak Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas IX SMPN 1 Janapria Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2014/2015

Saeful Gani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode cerita dan nasehat dalam membina akhlak siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas IX SMPN 1 Janapria Lombok Tengah pada tahun pelajaran 2014/2015. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan untuk memahami fenomena yang terjadi dan memberikan gambaran rinci mengenai proses dan hasil dari penerapan metode tersebut. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan melibatkan siswa, guru PAI, dan kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode cerita dan nasehat diterapkan dengan menyisipkan kisah-kisah inspiratif dari Al-Quran dan hadis, serta memberikan nasehat yang relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Siswa memberikan respon yang sangat positif, terlihat antusias, dan termotivasi untuk menerapkan nilai-nilai akhlak dalam kehidupan sehari-hari. Metode ini efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang ajaran Islam dan mendorong perilaku positif. Namun, penelitian juga mengidentifikasi tantangan seperti kesulitan guru dalam menjaga konsistensi dan variasi cerita, serta pengaruh faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi penerapan nilai-nilai akhlak oleh siswa. Untuk mengatasi tantangan ini, disarankan agar guru terus berinovasi dalam menyajikan cerita dan nasehat serta melibatkan orang tua dalam proses pembinaan akhlak siswa. Kesimpulannya, penerapan metode cerita dan nasehat dalam pembelajaran PAI efektif dalam membina akhlak siswa, tetapi memerlukan dukungan yang berkelanjutan dari guru, sekolah, dan orang tua untuk mencapai hasil yang optimal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

alkarim

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

AL-KARIM: Journal of Islamic and Educational Research is a periodic scientific publication published by the Institute of Educational Research and Community Service. The journal serves as a platform for researchers whose work spans multiple disciplines within the fields of Islam and education. Its ...