Dalam proses belajar dan mengajar secara efektif harus adanya interaksi antara guru dan peserta didik yang baik. Media komik pertanian adalah salah satu solusi dalam membenahi proses pembelajaran yang kurang menarik. Media tersebut diharapkan menciptakan suasana dalam meningkatkan minat pada peserta didik untuk belajar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif studi kasus. Dengan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara serta dokumentasi dalam perlengkapannya. Dalam keabsahan data menggunakan teori, metode dan sumber. Sedangkan dalam teknik analisis menggunakan analisis interaktif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa dalam pembelajaran budidaya tanaman cengkeh melalui media komik pertanian dengan model PBL yang dilakukan memberikan efek yang positif bagi aktivitas dalam proses belajar mengajar berlangsung. Peserta didik sangat antusias dengan media pembelajaran berbentuk cerita bergambar dengan materi edukasi yang menuntun peserta didik lebih berperan aktif di dalamnya. Dengan demikian diharapkan bahwa komik pertanian sebagai media pembelajaran budidaya tanaman cengkeh bisa memberikan motivasi menambah minat, inovatif dan kritis dalam aktivitas belajar peserta didik dalam memahami materi.
Copyrights © 2023