Penggunaan bahan bakar alternatif telah banyak dilakukan di Indonesia bahkan dunia sebagai upaya penghematan bahan bakar yang semakin menipis. Selain itu, memanfaatkan potensi ketersediaan minyak nabati yang melimpah seperti minyak sawit di Indonesia juga merupakan usaha yang efektif untuk dilakukan sebagai subtitusi bahan bakar fosil. Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi perbandingan yang dihasilkan oleh unjuk kerja mesin diesel satu silinder dengan bahan bakar dexlite murni dan campuran Crude Palm Oil (CPO) + dexlite yang ditambahkan bioaditif. Persentase campuran (CPO) + dexlite mulai dari 10%-50 % dan ditambahkan 0,1 % bioaditif ditambahkan pada setiap campuran dengan variasi putaran mesin dari 1200 rpm hingga 2000 rpm dengan interval 200 rpm dan beban konstan 1500 watt. Berdasarkan hasil pengujian dan perhitungan matematis diperoleh bahwa pengaruh penambahan bioaditif menghasilkan nilai unjuk kerja yang cukup baik pada hampir di setiap campuran bahan bakar CPO + dexlite yang ditandai dengan selisih nilai unjuk kerja antara campuran CPO + dexlite dan dexlite murni yang berkisar antara 0 % - 15,50 % Adapun nilai torsi dan Brake Mean Effective Pressure (BMEP) paling tinggi didapatkan dari campuran 20 % CPO + dexlite sebesar 5.264 N.m dan 183,667 kPa di putaran 2000 rpm sedangkan nilai Spesific Fuel Consumption (SFC) terendah dan efisiensi termal tertinggi berada pada campuran 30 % CPO + dexlite pada putaran 2000 rpm sebesar 0,510 kg/kW.jam dan 16,415%.
Copyrights © 2024