Cipta
Vol 3, No 1 (2024): Cipta

Perancangan Buku Ilustrasi Sejarah Jalur Rempah Banten Sebagai Salah Satu Warisan Dunia Tak Benda

Falah Firmansyah (Universitas Indraprasta PGRI)
Mohamad Sjafei Andrijanto (Universitas Indraprasta PGRI)
Pandu Pramudita (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2024

Abstract

Tujuan penelitian untuk merancang buku ilustrasi yang berjudul “Sejarah Jalur Rempah Banten” bahwa pemerintah merasakan kecemasan terhadap hasil rempah dan kepemilikan nilai-nilai sejarah yang dimilikinya. Kecemasan terhadap generasi muda karena minimnya keterlibatan untuk membangkitkan kembali pengetahuan-pengetahuan dan pemahaman terhadap rempah dan sejarah yang dikandungnya. Jalur Rempah memiliki peran krusial dalam terbentuknya globalisasi. Jalur Rempah menjadi pusat interaksi budaya, ekonomi, politik hingga agama. Adanya jejak bangsa-bangsa asing di pulau penghasil rempah menjadi bukti nyata bahwa rempah memang tidak hanya berperan sebagai komoditas, namun juga memiliki andil dalam terciptanya Indonesia hari ini yang multi-etnis. Metode Penelitian yang digunakan merupakan metode kualitatif, bertujuan untuk memahami subjek penelitian, secara deskriptif dalam konteks khusus yang alami, serta observasi dan wawancara dalam mengumpulkan data. Hasil yang dicapai yaitu, peneliti mengumpulkan berbagai informasi dari sumber yang kemudian dikumpulkan menjadi satu kesatuan dalam penulisan yang selanjutnya akan divisualisasikan dalam bentuk media buku ilustrasi dengan ukuran frame portrait berukuran 23 cm x 18 cm dengan karya ilustrasi digital (digital painting) dan total 30 halaman keseluruhan buku ilustrasi yang didukung oleh  gambar dan teks sebagai pendukung.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cipta

Publisher

Subject

Arts

Description

CIPTA adalah jurnal ilmiah yang secara khusus membahas tentang proses penciptaan sebuah karya, baik itu karya seni, desain, film, fotografi dan berbagai jenis bidang lain yang melalui proses kreatif dalam penciptaannya. Ruang lingkup jurnal ini meliputi: Tipografi, Branding, Design Thinking, Budaya ...