EDUKA : Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis
Vol. 9 No. 2 (2024): Eduka: Jurnal Pendidikan, Hukum dan Bisnis

Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berkebhinekaan Global Melalui Tari Candik Ayu dalam Membangun Karakter Siswa di SDN 3 Keling Jepara

Qurrotul A'yun (Unknown)
Zumrotun, Erna (Unknown)
Muh Muhaimin (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2024

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana Tari Candik Ayu di SD Negeri 3 Keling dapat memperkuat Profil Pelajar Pancasila dalam dimensi keberagaman global. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, yang kemudian dianalisis melalui beberapa tahapan yaitu reduksi data, penyajian informasi, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan tari dapat meningkatkan kesadaran dan apresiasi budaya, keterampilan komunikasi antarbudaya, refleksi, dan tanggung jawab dalam pengalaman keberagaman, serta membangun kesadaran terhadap nilai-nilai Pancasila. Siswa yang mengikuti ekstrakurikuler tari menunjukkan peningkatan kesadaran dan apresiasi budaya, keterampilan komunikasi antarbudaya, refleksi, dan tanggung jawab dalam mengalami keberagaman, serta pemahaman terhadap nilai-nilai Pancasila. Kata Kunci: Profil Pelajar Pancasila; dimensi keberagaman global; Tari Candik Ayu

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Eduka

Publisher

Subject

Description

Jurnal Eduka (Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis) is focused in field education, law and business. ...