ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana Tari Candik Ayu di SD Negeri 3 Keling dapat memperkuat Profil Pelajar Pancasila dalam dimensi keberagaman global. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, yang kemudian dianalisis melalui beberapa tahapan yaitu reduksi data, penyajian informasi, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan tari dapat meningkatkan kesadaran dan apresiasi budaya, keterampilan komunikasi antarbudaya, refleksi, dan tanggung jawab dalam pengalaman keberagaman, serta membangun kesadaran terhadap nilai-nilai Pancasila. Siswa yang mengikuti ekstrakurikuler tari menunjukkan peningkatan kesadaran dan apresiasi budaya, keterampilan komunikasi antarbudaya, refleksi, dan tanggung jawab dalam mengalami keberagaman, serta pemahaman terhadap nilai-nilai Pancasila. Kata Kunci: Profil Pelajar Pancasila; dimensi keberagaman global; Tari Candik Ayu
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024