Literasi baca-tulis adalah pengetahuan dan kecakapan untuk membaca, menulis, mencari, menelusuri, mengolah, dan memahami informasi untuk menganalisis, menanggapi, dan menggunakan teks tertulis untuk mencapai tujuan. Berdasarkan hasil analisis awal yang dilakukan di UPTD SDN Sobo diperoleh data bahwa aspek baca-tulis siswa fase A masih sangat rendah. Merujuk pada permasalahan tersebut penulis bersama kemitraan dosen LPTK dengan guru di sekolah melakukan pendampingan siswa UPTD SDN Sobo fase A dalam kegiatan literasi baca-tulis. Literasi baca-tulis adalah kemampuan menulis dan membaca terlebih khusus pada kelas rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah pendampingan literasi baca-tulis yaitu: pendampingan pengenalan huruf, pendampingan lambang huruf dan bunyi huruf, pendampingan suku kata, pendampingan membaca kata, pendampingan membaca pemahaman, kelancaran membaca dan menulis fokus kajian adalah pendampingan aspek literasi dengan target sasaran adalah siswa kelas 1 yang berjumlah 14 orang dan siswa kelas 2 yang berjumlah 23 siswa. Metode yang digunakan adalah metode pendampingan dengan menggunakan beberapa tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Hasil dari penelitian ini adalah capaian anak yang belum sama sekali membaca menjadi tuntas, sedangkan anak dalam kategori membaca kurang lancar menjadi lancar dan anak yang membaca lancar menjadi sangat lancar.
Copyrights © 2024