Literasi membaca merupahkan kegiatan yang sangat penting bagi peserta didik untuk mendapatkan keluasan pengetahuan. Akan tetapi tidak semua peserta didik mampu memiliki minat yang tinggi untuk literasi membaca. Salah satunya peserta didik yang ada di SDK Mabhambawa juga belum seberapa ms minat literasi membaca yang tinggi. Rendahnya literasi membaca dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor external. Yang tergolong dalam faktor internal adalah motifasi yang tinggi dari dalam diri untuk membaca. Sedangkan faktor external adalah lingkungan belajar anak atau lingkungan sekolah. untuk meningkatakan minat dan keinginana minat membaca anak maka dari itu sebuah inovasi untuk meningkatakan minat literasi membaca peserta didik. salah satu inovasi yang dilakukan adalah dengan mengadakan pojok baca. mengadakan pojok baca ini bertujuan untuk meningkatakan minat baca peserta didik sehinggga kegiatan membaca akan semakin membudidayakan pada diri peserta didik. Adapun metode dalam program ini yaitu SISDAMAS dengan melakukan pendampingan pembuatan pojok baca dan observasi wawancara. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah siswa sangat senang dengan adanya pojok baca, karena dengan adanya pojok baca dapat meningkatkan minat baca mereka. Kesimpulannya adalah penyediaan pojok baca yang kami buat mulai dari tahapan wawancara, penyediaan pojok baca serta pengenalan pojok baca sampaik kami menemukan titik masalahnya yaitu kurangnya minat membaca anak, sehingga dapat mempengaruhi potensi baca mereka yang sanggat rendah. Dengan adanya penyediaan pojok baca ini di harapkan akan menambah minat baca siswa dalam membaca buku. Pojok baca adalah suatu tempat yang ada di sudut yang di penuhi dengan buku-buku bacaan dan didekorasi dengan begitu menarik dan kreatif.
Copyrights © 2024