Penelitian ini didasarkan dari pandangan penulis bahwa pentingnya pendidikan agama Islam dalam memberikan nilai-nilai dan pencegahan kekerasan sosial seperti perilaku perundungan (Bullying) di sekolah, khususnya di kalangan guru PAI. Bullying merupakan salah satu permasalahan yang banyak terjadi dikalangan pelajar. Perundungan adalah perilaku agresif yang dilakukan berulang kali oleh seseorang atau kelompok dengan tujuan untuk menyakiti korban. Terkait dengan perilaku mperundungan (Bullying), guru PAI juga harus berperan dalam menanamkan nilai-nilai moral dan spiritual siswa, selain itu mereka juga mengembangkan etika untuk membentuk kepribadian siswa yang baik dan menunjukkan perilaku moral yang berakhlak mulia di SD Negeri 2 Slukatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dimana jenis penelitiannya bersifat field research dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) adanya bentu bullying pada siswa di SD Negeri 2 Slukatan; 2) upaya guru PAI dalam meminimalisir perilaku bullying pada siswa di SD Neger 2 Slukatan; 3) faktor penghambat dan pendorong dari upaya guru PAI dalam meminimalisir perilaku bullying pada siswa di SD Neger 2 Slukatan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024