ALPHATEACH (JURNAL PROFESI KEPENDIDIKAN DAN KEGURUAN)
Vol 4 No 1 (2024): ALPHATEACH (JURNAL PROFESI KEPENDIDIKAN DAN KEGURUAN)

Penggunaan Model Pembelajaran Reciprocal Learning Berbantuan Presentasi PowerPoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fikih kelas VIII

Jannah, Nurul (Unknown)
rohman, Fatkhur (Unknown)
Saefullah, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan model pembelajaran Reciprocal Learning berbantuan presentasi PowerPoint dan untuk mengetahui manakah hasil belajar yang lebih tinggi antara hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Learning berbantuan presentasi PowerPoint dan Model pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan penelitian Non Equivalent Control Group yaitu peneliti yang dilaksanakan menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan pretest dan postest. Populasi dan sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII A yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol dikenakan pretest dan diakhir dikenakan posstest. Kemudian hasilnya diolah, dianalisis, dan dibandingkan menggunakan uji t-test dan uji gain untuk mengetahui perbedaan dan peningkatan antara dua kelompok tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada bentuk pembelajaran fikih khususnya pada peningkatan hasil belajar menggunakan model pembelajaran Reciprocal Learning berbantuan presentasi PowerPoint 2) terdapat peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 0,755 (tinggi). 3) ada perbedaan model pembelajaran Reciprocal Learning berbantuan presentasi PowerPoint antara kelas eksperimen dan kelas kontrol deng thitung 5, 549 > ttabel 2,657 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima..

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

alphateach

Publisher

Subject

Religion Social Sciences Other

Description

Jurnal ALPHATEACH menerbitkan artikel atau karya ilmiah hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dalam bidang Pendidikan ...