Jurnal Abdimas Prakasa Dakara
Vol. 4 No. 1 (2024): Peningkatan Kompetensi SDM Melalui Pelatihan dan Pendampingan

Pendampingan Guru dalam Penerapan Pembelajaran Berbasis Lesson Study di SMA Negeri 2 Palopo

Ramli, Irwan (Unknown)
Nurasia, Nurasia (Unknown)
Khaerati, Khaerati (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2024

Abstract

Kegiatan pendampingan guru dalam penerapan pembelajaran berbasis lesson Study di SMA Negeri 2 Palopo bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam merancang proses pembelajaran di dalam kelas berbasis lesson study dan mampu meningkatkan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran. Kegiatan ini diawali dengan dengan Fokus Group Discussion (FGD) terkait permasalahan guru disekolah serta berkoodinasi pelaksanaan workshop. Workshop berfokus pada konsepĀ  lesson study dan perancangan pembelajaran berbasis lesson study. Tindak lanjut dari workshop ini yaitu pelaksanaan pembelajaran dengan mengadopsi lesson study yang dilaksanakan dalam tiga tahapan yaitu plan, do and see. Proses pembelajaran berbasis lesson study dilakukan sebanyak empat siklus. Adapun hasil kegiatan ini adalah meningkatnya keterampilan guru dalam penerapan pembelajaran berbasis lesson study dan meningkatkan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

japd

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Abdimas Prakasa Dakara is a peer-reviewed and open-access journal managed and published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Kusuma Negara, Jakarta, half-yearly in April and October. The aims to be open access ...