Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti adalah pendidikan yang ditujukan untuk mengembangkan karakter akhlak pada Peserta didik. Pengembangan karakter harus dibina dan dibimbing semenjak telah masuk usia sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses metode tutor sebaya dalam meningkatkan keterampilan membaca Al Qur’an peserta didik dan mengetahui proses metode tutor sebaya dalam penerapan hukum tajwid ke dalam bacaan Al Qur’an. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara dua siklus dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode tutor sebaya dapat meningkatkan keterampilan membaca Al Qur’an peserta didik dengan tingkat persentase pada tahap prasurvey sebesar 10,75% kemudian pada siklus I meningkat menjadi 17,50%, dan pada siklus II meningkat menjadi 18,35%. Namun pada hasil pengidentifikasian tajwid metode tutor sebaya ini memperoleh hasil yang cukup memuaskan, dimana hasil tersebut mendefinisikan bahwa pada tahap prasurvey peserta didik mendapatkan hasil kurang memuaskan, dan pada siklus I dan II mendefinisikan hasil cukup memuaskan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode tutor sebaya dapat meningkatkan keterampilan membaca Al Qur’an Peserta didik Tetapi dalam pengidentifikasian Tajwid metode tutor sebaya dapat menjadi salah satu alternatif dalam memahami, mempelajari materi hukum tajwid.
Copyrights © 2024