Iltizamat : Journal Of Economic Sharia Law and Business Studies
Vol 3 No 1 (2023): Desember

Kualitas Pelayanan dalam Meningkatkan Loyalitas Anggota di Baitul Maal Wa Tamwil

Ahmadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2024

Abstract

Pelayanan yang baik dan optimal akan berdampak pada loyalitas anggota untuk selalu konsisten tidak beralih ke lembaga keuangan lain, anggota akan selalu menggunakan produk atau jasanya dan pada nantinya akan merekomendasikan kepada orang lain. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengisi angket penelitian yang diberikan kepada 60 anggota produk tabungan umum syariah di KSPS BMT UGT Sidogiri Capem Banyuputih Situbondo. Dan teknik analisis yang digunakan adalah koefisien korelasi (R), koefisien determinasi, model regresi, uji F, dan uji t. Berdasarkan hasil analisis dalam penelitian ini, menunjukkan bahwa kualitas pelayanan mempunyai pengaruh yang signifikan secara simultan terhadap loyalitas anggota. Tidak semua sub variabel kualitas pelayanan secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel loyalitas anggota. Variabel bukti fisik, daya tanggap, dan jaminan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas anggota. Dan dari lima sub variabel kualitas pelayanan yang mempunyai besaran pengaruh paling dominan adalah variabel empati dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,364.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Iltizamat

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Focus and Scope Iltizamat: Research Journals Of Economic Syariah Law and Business Studies; The journal provides many kinds of Research Economic Syariah Law and Business Studies, such as: Economic Syariah Law, Economic Syariah, Halal certification, and other Islamic Business ...