Pendidikan Kewarganegaraan
Vol 13, No 2 (2023): JURNAL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Analisa Insersi Pembentukan Nilai Karakter Pendidikan Anti Korupsi Dalam Mata Pelajaran Di Tingkat Sekolah

Yunarti, Azmi (Unknown)
Restapaty, Ratna (Unknown)
Vebruati, Vebruati (Unknown)
Hidayati, Rahmi (Unknown)
Khairunnisa, Khairunnisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2023

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi insersi nilai-nilai pendidikan antikorupsi melalui bahan ajar pada mata pelajaran di tingkat sekolah dasar. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dibeberapa Sekolah Dasar Kota Banjarbaru dengan jumlah responden sebanyak 103 yang terdiri atas kepala sekolah, komite sekolah dan guru mata pelajaran. Instrumen yang digunakan berupa angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah sebagai pemimpin di sekolah telah merancang kebijakan dalam jangka panjang dan pendek pembentukan nilai karakter pendidikan antikorupsi yang diintegrasikan ke dalam pembelajaran di sekolah. Komite sekolah telah menjalankan tugas dengan baik dalam memberikan usulan kebijakan pengembangan pendidikan karakter yang relevan. Pada penerapannya Guru telah meimplementasikan pembentukan nilai karakter pendidikan antikorupsi hal ini terlihat dalam penyusunan silabus, RPS, bahan ajar dan menyelipkan nilai karakter pendidikan antikorupsi dalam proses pembelajaran, sehingga untuk meningkatkan pengetahuan Guru dalam pembetukan nilai karakter pendidikan antikorupsi guru dapat mengikuti workshop atau pelatihan dalam penguatan pendidikan karakter.

Copyrights © 2023