JURMADIKTA
Vol 4 No 1 (2024): JURMADIKTA

META-ANALISIS: PENGARUH MODEL PBL DAN MODEL PJBL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Rosyadi, Muhammad Khairin Rezani (Unknown)
Karim, Karim (Unknown)
Sari, Asdini (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Mar 2024

Abstract

Kajian mengenai pengaruh PBL dan model PjBL terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar matematika siswa telah banyak dilakukan dengan berbagai variasi hasil penelitian. Para peneliti sekarang lebih bergantung pada rangkuman penelitian yang tersedia, salah satunya menggunakan meta-analisis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan besar pengaruh dari PBL dan PjBL terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar matematika siswa. Artikel diperoleh melalui penelusuran menggunakan aplikasi Publish or Perish. Selanjutnya artikel tersebut diseleksi dengan 4 tahapan yaitu identifikasi, penyaringan, kelayakan, dan lingkup studi. Penelitian ini menggunakan metode systematic review dengan proses meta-analisis menggunakan perhitungan Effect Size. Ada 62 artikel yang telah dianalisis. Dua puluh satu artikel model PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah, 33 artikel PBL terhadap hasil belajar, 2 artikel PjBL terhadap kemampuan pemecahan masalah, dan 6 artikel PjBL terhadap hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan Effect Size model PBL dan PjBL terhadap kemampuan pemecahan masalah maupun hasil belajar matematika siswa berada pada kategori besar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurmadikta

Publisher

Subject

Humanities Education Library & Information Science Mathematics Other

Description

JURMADIKTA adalah Jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. JURMADIKTA didirikan pada tahun 2018 di Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. JURMADIKTA merupakan ...