Hasil wawancara dengan guru matematika di Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Banjarmasin menunjukkan masih banyak peserta didik yang menganggap matematika sulit untuk dipelajari, hal ini mengakibatkan motivasi belajar peserta didik menjadi kurang. Salah satu penyebabnya diantaranya ialah perangkat pembelajaran yang kurang mendukung. Oleh karena itu diperlukan perangkat pembelajaran kreatif yang dapat membangkitkan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul ajar matematika E-Komik berbasis pendidikan karakter pada materi rasio yang valid, praktis, dan efektif. Metode yang digunakan adalah pengembangan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yaitu, define, design, development dan disseminate. Dalam penelitian ini hanya sampai tahapan development. Tahap disseminate ditiadakan karena keterbatasan waktu penelitian. Subjek uji coba penelitian ini adalah 35 peserta didik kelas VII SMP Negeri 24 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen lembar validasi, angket respons guru dan peserta didik serta tes hasil belajar. Teknik analisis data bertujuan untuk mengetahui uji kevalidan, kepraktisan dan efektivitas modul ajar yang dikembangkan. Berdasarkan lembar validasi yang diisi oleh validator, dapat disimpulkan modul ajar sangat valid karena diperoleh persentase skor rata-rata 89,13%. Berdasarkan hasil angket respons guru dan peserta didik persentase skor rata-rata berturut-turut 95% dan 90%, dapat disimpulkan modul ajar sangat praktis. Berdasarkan uji coba, modul ajar dikatakan sangat efektif karena peserta didik sudah mencapai KKTP, persentase hasil belajar peserta didik adalah 91,43%. Berdasarkan hal yang telah diuraikan, maka dengan kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan modul ajar matematika E-Komik berbasis pendidikan karakter pada materi rasio kelas VII SMP dapat dikatakan tercapai.
Copyrights © 2024