Value: Jurnal Manajemen dan Akuntansi
Vol. 19 No. 1 (2024): Januari - April 2024

Pengaruh Pengalaman Belanja Online, Keterlibatan Dan Kesetiaan Terhadap Pembelian Impulsif Pada Tokopedia

Nur Aisiyah, Renita (Unknown)
Lindiawati, Lindiawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Feb 2024

Abstract

Pesatnya pertumbuhan e-commerce di Indonesia menciptakan persaingan dalam industri bisnis online. Perusahaan berusaha melakukan berbagai strategi dalam menjalankan usahanya untuk mampu bersaing dengan perusahaan sejenis untuk menarik konsumen dalam melakukan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Pengalaman Belanja Online, Keterlibatan Pelanggan, Kesetiaan Pelanggan dan Pembelian Impulsif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik non-probability sample dengan penedektan purposive sampling. Sampel terdiri dari 170 responden yaitu Pelanggan Tokopedia yang memiliki karakteristik minimal berusia 19 tahun, memiliki akun Tokopedia dan melakukan pembelian minimal 5 kali dalam satu bulan di Tokopedia. Penelitian ini menggunakan analisis Structural Equating Modelling (SEM) pada Partial Least Square (PLS) dan menggunakan penyebaran kuesioner dalam bentuk google form untuk pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan positif pengalaman belanja online terhadap kesetiaan pelanggan. Penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan positif keterlibatan pelanggan terhadap kesetiaan pelanggan. Hasil terakhir dari penelitian ini yaitu kesetiaan pelanggan juga berpengaruh signifikan posistif terhadap pembelian impulsive.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

VL

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Value: Jurnal Manajemen dan Akuntansi Jurnal ini berisi tentang penelitian di ranah manajemen, sumber daya manusia, bisnis, marketing, dan ...