IQRA : Jurnal Magister Pendidikan Islam
Vol 4, No 1 (2024): Juni 2024

Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Akhlak Siswa Pindahan: Studi Deskriptif di Sekolah Menengah

Sidra, Nuridilah (Unknown)
Sumiati, Sumiati (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2024

Abstract

Akhlak dalam kehidupan manusia menempati peran penting baik secara individu maupun sebagai anggota masyarakat, terutama untuk anak-anak. Etika adalah teori tentang perbuatan manusia yang dinilai berdasarkan baik dan buruknya, yang merupakan inti sari atau sifat dasar manusia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, di mana penelitian ini berupaya mendeskripsikan permasalahan akhlak siswa di lingkungan sekolah. Subyek dalam penelitian ini adalah Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) yang berupaya membina akhlak siswa pindahan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Permasalahan akhlak siswa pindahan di sekolah meliputi sering berkelahi, membolos sekolah, dan merokok di lingkungan sekolah. Upaya guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak siswa pindahan meliputi penanaman nilai-nilai agama, pemberian nasihat, serta peringatan dan hukuman kepada siswa yang melakukan perbuatan tercela. Faktor pendukung dalam membina akhlak siswa pindahan mencakup adanya sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan keagamaan. Sebaliknya, faktor penghambatnya adalah peran orang tua yang kurang mendukung dan kurang perhatian terhadap anak dalam keluarga, lingkungan pergaulan siswa yang kurang baik, serta kurangnya kemauan siswa untuk mengubah akhlaknya sendiri

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

iqra

Publisher

Subject

Religion Education

Description

IQRA: Jurnal Pendidikan Islam ISSN 2580-5304 (Online/elektronik) merupakan platform akademis yang berkomitmen untuk menerbitkan artikel-artikel berkualitas tinggi yang terkait dengan institusi pendidikan Islam yang memiliki afiliasi tertentu. Jurnal ini berfokus pada berbagai aspek pendidikan Islam ...