Jurnal Teknologi Pendidikan
Vol. 3 No. 1: Juni 2024

Penggunaan Teknologi Big Data Untuk Menganalisis Perilaku Belajar Siswa

Hutahaean, Jeperson (Unknown)
Amelia, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Di era digital yang semakin berkembang pesat seperti saat ini, teknologi informasi memainkan peran yang sangat penting dalam berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk di bidang pendidikan. Salah satu teknologi yang berkembang dengan pesat dan memiliki potensi besar dalam dunia pendidikan adalah teknologi Big Data. Big Data mengacu pada kumpulan data yang sangat besar atau kompleks ataupun juga beragam, yang sulit untuk diolah menggunakan metode dan perangkat lunak tradisional. Selain itu penelitian kali ini juga bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan teknologi Big Data dalam menganalisis perilaku belajar siswa. Fokus utama dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pola-pola belajar siswa, memahami faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar, serta memberikan rekomendasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan proses pembelajaran. Dan Metode penelitian yang digunakan akan dirancang untuk mendapatkan wawasan yang mendalam dan berbasis bukti mengenai penggunaan teknologi Big Data dalam dunia pendidikan. Dalam metode penelitian kali ini akan diliputi beberapa langkah – langkah seperti desain penelitian, populasi dan sampel, teknik pengumpulan data, proses analisis data, serta langkah-langkah yang diambil untuk memastikan validitas dan reliabilitas. Dan juga interpretasi hasil penelitian. Maka berdasarkan hal tersebut pulah hasil yang didapatkan melalui penelitian kali meliputi beberapa temuan seperti temuan yang pertama yaitu teknologi Big Data memungkinkan identifikasi pola belajar yang individual dan beragam di antara para siswa. Hal ini dapat membantu para pendidik untuk menyesuaikan pendekatan pembelajaran secara lebih tepat sesuai dengan kebutuhan masing-masing para siswa. Selain itu dengan memahami preferensi belajar dan tantangan yang dihadapi oleh setiap siswa secara lebih baik maka proses pengajaran dapat dioptimalkan untuk meningkatkan penguasaan materi pembelajaran oleh para siswa. Temuan yang kedua yaitu analisis Big Data juga mengungkapkan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar dari para siswa. Maka dengan memantau interaksi digital dan perilaku online siswa, kita dapat mengidentifikasi pola-pola yang menunjukkan tingkat motivasi yang berbeda-beda. Maka Secara keseluruhan, penelitian kali ini menunjukkan bahwa teknologi Big Data memiliki potensi yang sangat besar untuk mengubah paradigma pendidikan dengan memberikan informasi yang lebih dalam serta lebih akurat mengenai perilaku belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

TP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Teknologi Pendidikan adalah jurnal yang ditebitkan PT. Bangun Harapan Bangsa untuk memuat dan menyebarluaskan hasil penelitian lapangan atau studi literatur dengan ruang lingkup teknologi pendidikan dengan kajian pengembangan kurikulum terutama disain, pengembangan, pemanfaatan berbagai ...