Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia
Vol 10, No 1 (2024): Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia

Pengaruh pola asuh otoritatif terhadap kedisiplinan siswa sekolah menengah pertama

Tarrisya, Siti (Unknown)
Muryono, Sigit (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2024

Abstract

Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) merupakan masa peralihan dari masa kanak-kanak ke masa remaja. Pada masa ini, anak sangat membutuhkan arahan untuk membantu mereka menentukan hal positif dan hal negatif. Hal demikian yang membuat anak bertindak sesuai hatinya dan belum bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan sosialnya. Sehingga diperlukan peran orang tua dan guru untuk memonitori sikap para anak remaja tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui serta menentukan apakah terdapat pola asuh otoritatif terhadap kedisiplinan siswa Kelas VII SMP Malahayati Jakarta serta apakah terdapat pengaruh dari pola asuh otoriter yang diterapkan. Penelitian ini mengunakan metode kuantitatif dengan populasi yang diambil yaitu seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 132 siswa. Metode Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan jenis Non probability sampling dengan teknik Purposive sampling. Teknik analisis data dengan melakukan analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis menggunakan SPSS 27 for MacIOS. Hasil penelitian ini diketahui bahwa ilai t = 1,996 dengan nilai signifikasi 0,048 < 0,05. Maka kesimpulan yang dapat diambil terdapat pengaruh yang signifikan antara pola asuh otoritatif terhadap kedisiplinan siswa kelas VII SMP Malahayati.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

j-edu

Publisher

Subject

Education

Description

EDUCATIO Journal ISSN: Print 2476-9886 –Online 2477-0302 is the Counseling Journal is a peer-reviewed, counseling journal published by Indonesian Institute for Counseling, Education and Theraphy. The aim of this journal is to publish articles dedicated to all aspects of the latest outstanding ...