Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia
Vol 10, No 2 (2024): Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia

Pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik cognitive restructuring untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa di madrasah tsanawiyah

Putri, Zurriyati (Unknown)
Syarqawi, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik restrukturisasi kognitif terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa di MTs Alwashliyah Sei Langgei. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas VIII-1 dan VIII-2 dengan total populasi sebanyak 60 siswa, di mana 8 siswa menjadi sampel pada kelompok eksperimen dan 8 siswa pada kelompok kontrol. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain Quasi Experiment, menggunakan model non-equivalent control group pretest-posttest. Pengujian hipotesis dilakukan melalui uji Paired Sample T-test, yang menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,001 (< 0,05), menandakan bahwa hasil penelitian signifikan. Rata-rata skor pretest adalah 119 dan meningkat menjadi 131 pada posttest, menunjukkan adanya peningkatan kepercayaan diri siswa setelah menerima bimbingan kelompok dengan teknik restrukturisasi kognitif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa teknik ini efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

j-edu

Publisher

Subject

Education

Description

EDUCATIO Journal ISSN: Print 2476-9886 –Online 2477-0302 is the Counseling Journal is a peer-reviewed, counseling journal published by Indonesian Institute for Counseling, Education and Theraphy. The aim of this journal is to publish articles dedicated to all aspects of the latest outstanding ...