Tujuan dari penelitian pengembangan ini yaitu untuk menghasilkan suatu produk video pembelajaran matematika berbasis etnomatematika serta melihat keefektifan video tersebut pada proses pembelajaran matematika materi Barisan Aritmatika kelas X SMA/MA. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE, dan subjek penelitian ini meliputi validator ahli materi, validator ahli media, dan peserta didik kelas MAN Aceh Barat Daya. Metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu wawancara, angket, dan tes. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu uji ahli materi sebesar 4,16 dengan kategori layak, uji ahli media sebesar 4,24 dengan kategori sangat layak, akseptansi peserta didik untuk kategori materi multimedia sebesar 4,32, desain dan fasilitas 4,32, dan efek paedagogi sebesar 4,11, sedangkan untuk mengukur keefektifan video tersebut diukur dengan soal tes, dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 87,83 dengan kualifikasi tinggi. Jadi, video pembelajaran matematika berbasis etnomatematika pada materi barisan aritmatika layak dan efektif digunakan ketika proses pembelajaran. Manfaat dari penelitian ini adalah peserta didik dan guru dapat menggunakan video pembelajaran matematika berbasis kebudayaan untuk mempermudah interpretasi peserta didik terhadap materi yang bersifat abstrak dan dapat memotivasi peserta didik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024