JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal)
Vol 7 No 2 (2024): JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal) Juli 2024

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN SISWA KELAS VII SMPIT ABDAN SYAKURO DENGAN METODE AL MUYASSAR

Sastraatmadja, Achmad Harristhana Mauldfi (Unknown)
Saputra, Adzra Emalis (Unknown)
Kulsum, Siti (Unknown)
Farida, Nur Aini (Unknown)
Makbul, M (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2024

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan dengan tujuan meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an siswa kelas VII di SMPIT Abdan Syakuro melalui penerapan metode Al Muyassar. Metode ini dipilih karena kemudahannya dalam mengajarkan tajwid dan kefasihan membaca Al-Qur’an, yang sesuai untuk siswa pada tahap awal pembelajaran. Penelitian dilaksanakan dalam dua periode siklus, di mana setiap siklus meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas VII berjumlah 25 orang siswa. Hasil penelitian menemukan adanya peningkatan yang signifikan dalam pemahaman dan kemampuan membaca Al-Qur’an. Pada siklus pertama, hanya 50% siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal, namun setelah siklus kedua, persentase tersebut meningkat menjadi 80%. Hal ini menunjukkan efektivitas metode Al Muyassar dalam membantu siswa memahami prinsip-prinsip tajwid dan meningkatkan kefasihan membaca Al-Qur’an.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

MathEdu

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Ruang lingkup artikel ilmiah yang dapat diterbitkan dalam jurnal ini adalah sebagai berikut: Model Pembelajaran Matematika, Media dan Multimedia Pembelajaran Matematika, Kurikulum dalam Pendidikan Matematika, Penilaian (Assesment) dan Evaluasi dalam Pendidikan Matematika, Pengembangan Profesional ...