ABSTRACT Tahun pelajaran 2022/2023 ini, SMK Swasta Mandiri mulai menerapkan kurikulum merdeka dengan pilihan mandiri berubah di kelas X. Dengan demikian guru-guru yang adadi SMK ini mulai menyusun modul ajar sebagai perangkat pembelajaran. Penelitian iniadalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di SMK Swasta Mandiri Labuhan BatuSumatera Utara pada semester ganjil tahun pelajaran 2022/ 2023, pada bulan November2022 Tahun Pelajaran 2022/ 2023. Hasil pada penelitian ini adalah setelah melaksanakanpenelitian tindakan kelas dengan menerapkan model Project based Learningterhadap siswa kela XII (Duabelas) pada pelajaran Pendidikan Pancasila, maka adabeberapa hal yang dapat disimpulkan, antara lain: 1) Model Project based Learningdapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas XII pada pelajaran PendidikanPancasila di SMK Swasta Mandiri. 2) Pelaksanaan penelitian telah memenuhikriteria keberhasilan pada pelaksanaan siklus II, yang ditandai dengan peningkatannilai aktivitas guru, aktivitas siswa, dan nilai rata-rata siswa pada ulangan harianyang meningkat dari 68 menjadi 75,7. 3) Penerapan model pembelajaran Projectbased Learning memotivasi dan menggali kreatifitas siswa dalam menyelesaikantugas yang diberikan guru. Keyword: Problem Based Learning, Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila—————————— ◆ ——————————
Copyrights © 2024