Penelitian ini bertujuan untuk merangsang kecerdasan naturalistik pada anak usia dini melalui kegiatan pembelajaran menyenangkan Eduwisata Ndalem Kerto. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara deskriptif kualitatif dan dokumentasi. Metode penelitian deskriptif kualitatif digunakan untuk memperoleh pemahaman mendalam mengenai proses perkembangan kecerdasan naturalistik pada anak usia dini. Penelitian ini melibatkan anak-anak kecil yang mengikuti pembelajaran menyenangkan di Eduwisata Ndalem Kerto. Informasi diperoleh dengan mewawancarai guru dan pengelola Eduwisata serta mendokumentasikan kegiatan pembelajaran menyenangkan yang dilakukan anak-anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran menyenangkan Eduwisata Ndalem Kerto dapat menstimulasi sains pada anak usia dini. Melalui kegiatan anak usia dini yang menyenangkan, pembelajaran tentang flora dan fauna, serta kegiatan bertani sederhana, anak menunjukkan kemampuannya dalam mengamati, mengidentifikasi, dan berinteraksi dengan alam lingkungan.
Copyrights © 2024