Kemandirian terus berkembang seiring dengan perkembangan seorang anak. Perkembangan masing-masing anak tentu berbeda-beda, begitu juga dengan kemandirian antara anak yang satu dengan yang lain akan berbeda sesuai dengan tingkat perkembangannya dan juga faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui signifikansi pengaruh keterampilan sosial dan kecerdasan interpersonal secara simultan terhadap kemandirian belajar; 2) mengetahui signifikansi pengaruh keterampilan sosial secara parsial terhadap kemandirian belajar; serta 3) mengetahui signifikansi pengaruh kecerdasan interpersonal secara parsial terhadap kemandirian belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas IV UPT SPF SDN Mangkura 1 Makassar sebanyak 60 siswa dengan sample penelitian 60 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologi. Intsrumen pengumpulan data berupa skala kemandirian belajar, skala keterampilan sosial, dan skala kecerdasan interpersonal. Instrumen penelitian diujicobakan kepada 60 siswa. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan Uji hipotesis. Hasil analisis menunjukkan bahwa 1) keterampilan sosial dan kecerdasan insterpersonal berkaitan dengan kemandirian belajar dengan sumbangan sebesar 33,5%; 2) keterampilan sosial berkaitan dengan kemandirian belajar dengan sumbangan efektif sebesar 0,261%; dan 3) kecerdasan interpersonal berkaitan dengan kemandirian belajar dengan sumbangan efektif sebesar 0,462%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024