Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan positif signifikan antara pengelolaan kelas, budaya belajar terhadap efektifitas pembelajaran siswa kelas V di SDN Butung 1 Makassar tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini ialah deskriptif korelasional yang bersifat ex post facto (pengukuran sesudah kejadian). Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas V yang mana populasinya berjumlah 70 siswa yaitu seluruh peserta didik kelas tinggi SDN 1 Butung Makassar, dengan sampel yang berjumlah 32 siswa dari kelas V SDN 1 Butung Makassar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket skala likert pada pengelolaan kelas, budaya belajar dan efektifitas pembelajaran siswa. Teknik analisis data yang digunakan ialah teknik korelasi product moment, untuk mencari adanya hubungan mengetahui kontribusi variabel pengelolaan kelas, dan budaya belajar terhadap variabel efektifitas pembelajaran siswa. Hasil deskripsi data pengelolaan kelas, budaya belajar dan efektifitas pembelajaran memiliki kategori sedang dengan nilai presentase distribusi kategorisasi sebesar pengelolaan kelas sebesar 65,6%, budaya belajar sebesar 53% dan efektifitas pembelajaran sebesar 62,5%. Namun demikian, terdapat hubungan yang kuat karena hasil dari perhitungan korelasi product moment antara variabel pengelolaan kelas dengan efektifitas belajar memperoleh nilai sebesar 0,497 dan hasil dari perhitungan korelasi product moment antara variabel budaya belajar dengan efektifitas belajar memperoleh nilai sebesar 0,720 dimana memiliki tingkat hubungan yang kuat dan bernilai positif.
Copyrights © 2024