Penelitian ini dilakukan di MTs Huliyyatul Ilmi Sukodono Sidoarjo yang bertujuan untuk mengetahui Implementasi kegiatan Monday Experince Class dalam Upaya Pengembangan Potensi Siswa MTs Huliyyatul Ilmi Sukodono. Jenis penelitian yang akan digunakan peneliti adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan obsevasi, wawancara, dan juga dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah model interaktif dari Miles dan Huberman. Simpulan penelitian ini adalah (1) Penerapan model pembelajaran berbasis pengalaman (experiential learning) dengan menggunakan media gambar dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi pada siswa MTs Huliyyatul Ilmi Sukodono berjalan sesuai yang direncanakan; (2) Penerapan model pembelajaran berbasis pengalaman (experiential learning) dengan menggunakan media gambar terbukti berhasil meningkatkan kemampuan siswa MTs Huliyyatul Ilmi Sukodono Sidoarjo dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi; (3) kelebihan penerapan model belajar berbasis pengalaman dengan menggunakan media gambar yaitu mampu menciptakan situasi belajar yang kondusif, mampu menumbuhkan semangat siswa dalam mengikuti setiap tahapan pembelajaran, dan juga mampu merangsang siswa agar lebih berpikir kreatif. Sedangkan, kelemahannya adalah membutuhkan perencanaan waktu dan pelaksanaan yang lama.
Copyrights © 2024