Rendahnya karakter mengakibatkan menurunnya mutu pendidikan. Semakin baik karakter siswa, maka semakin baik pula kualitas pendidikan di indonesia. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui karakter siswa terhadap pembelajaran matematika setelah diterapkan kurikulum merdeka. Karakter yang akan diteliti adalah karakter kerja keras dan kreatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan metode triangulasi teknik. Berdasarkan indikatonya persentase karakter kerja keras adalah sebagai berikut : (1) Menciptakan kondisi etos kerja, pantang menyerah sebesar 65,82%, (2) Selalu fokus pada pelajaran sebesar 59,37%, (3) Mengerjakan semua tugas kelas selesai dengan baik pada waktu yang telah ditetapkan sebesar 67,57%, (4) Tidak putus asa dalam menghadapi kesulitan dalam belajar sebesar 58,59%, (5) Berusaha menyelesaikan tugasnya hingga tuntas sebesar 71,09%, (6) Menciptakan suasana belajar yang memacu daya tahan kerja sebesar 61,52%. Sedangkan persentase karakter kreatif adalah sebagai berikut : (1) Senantiasa mampu memecahkan masalah dengan solusi yang baru di luar solusi yang biasa dilakukan oleh orang lain sebesar 59,37%, (2) Senantiasa menemukan hal-hal inovatif sebesar 60,15%, (3) Senantiasa memiliki ide-ide cemerlang sebesar 68,75%.
Copyrights © 2023