Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis model pembelajaran Means Ends Analysis pada hasil belajar matematika siswa di MIN 2 Aceh Tamiang. Jenis penelitian adalah kualitatif. Subjek penelitian siswa kelas II di MIN 2 Aceh Tamiang yang berjumlah 23 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan2adalah tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menujukkan bahwa pada saat proses pembelajaran siswa mengalami kesulitan memahami maksud dari soal cerita sehingga kebingungan menyelesaikan soal. Siswa hanya membaca soal, namun sulit memahami tujuan dari soal. Pada tahapan atau langkah model pembelajaran MEA, guru terlebih dahulu menjelaskan apa itu soal cerita dan guru membantu siswa mendefinisikan maksud dari soal cerita tersebut. Guru mengarahkan siswa untuk memahami apa yang diketahui dan ditanyakan dari soal cerita. Dengan demikian ada peningkatan hasil belajar matematika siswa setelah menggunakan model pembelajaran MEA.Kata Kunci: Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dan Hasil Belajar Matemtika Siswa
Copyrights © 2023