Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Vol 2 No 1 (2024)

Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa di SMP IT Swasta Ad Durrah

Susanti, Sani (Unknown)
Pulungan, Fadlin (Unknown)
Alwan Rezki, Muhammad (Unknown)
Pamungkas Purba, Marlon (Unknown)
Lumban Gaol, Ricky Alan Grey (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendalami dampak penggunaan gadget pada konsentrasi belajar siswa di SMP IT Swasta Ad Durrah. Penggunaan gadget telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan siswa di era digital, namun sering kali menimbulkan kekhawatiran terkait pengaruh negatifnya terhadap konsentrasi belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, melibatkan observasi dan wawancara untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gadget yang tidak terkontrol mempengaruhi konsentrasi belajar siswa di dalam kelas, terutama karena pengalihan perhatian oleh kegiatan non-edukatif seperti bermain game dan bersosial media. Faktor-faktor yang mempengaruhi hubungan antara penggunaan gadget dan konsentrasi belajar mencakup durasi penggunaan, jenis konten yang diakses, manajemen waktu, dukungan orang tua dan sekolah, serta kesehatan mental dan fisik siswa. Berdasarkan temuan ini, disarankan untuk menerapkan strategi pendidikan yang lebih baik dalam mengelola penggunaan gadget, termasuk edukasi kepada siswa dan guru, serta pengembangan kebijakan sekolah yang lebih terstruktur. Dengan demikian, diharapkan dapat mengoptimalkan penggunaan gadget sebagai alat pendukung pembelajaran yang efektif dan aman bagi siswa di SMP IT Swasta Ad Durrah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jitk

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan is Published by CV. Edu Tech Jaya. This journal aims to publish and disseminate original works and current issues on the subject of research and studies in the field of education. Articles published in journals are the result of research or ideas in the field of ...