Jurnal Kajian Islam dan Sosial Keagamaan
Vol. 2 No. 1 (2024): Juli - September

Implementasi Kurikulum Pendidikan Karakter Mata Pelajaran PAI di SDN 004 Sangatta Utara

Nazla Desyulita (Unknown)
Baiq Uswatun Hasanah (Unknown)
Abdul Halim (Unknown)
Anjany Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari implementasi kurikulum pendidikan karakter pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN 004 Sangatta Utara, dilatarbelakangi oleh adanya krisis moral yang semakin banyak terjadi di masyarakat melalui korupsi, kekerasan, dan tindakan tidak etis lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa perlu adanya penguatan pendidikan karakter peserta didik tidak hanya dari segi kemampuan akademisnya tetapi juga dari segi moral dan pengembangan karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metodologi studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumenter. Partisipan dalam penelitian ini meliputi guru PAI, kepala sekolah, dan siswa SDN 004 Sangatta Utara. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa implementasi kurikulum pendidikan karakter pada mata pelajaran PAI di SDN 004 Sangatta Utara berhasil meskipun masih terdapat beberapa kendala.Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pendidikan karakter di sekolah dasar khususnya pengembangan mata pelajaran PAI.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jkis

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Kajian Islam dan Sosial Keagamaan (E-ISSN : 3026-2003) yang diterbitkan oleh CV.ITTC Indonesia fokus menerbitkan artikel penelitian bidang kajian Agama Islam. Ruang lingkupnya meliputi (1) teologi Islam; (2) hukum Islam; (3) pendidikan Islam; (4) Mistisisme dan Filsafat Islam; (5) ekonomi ...