Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari implementasi kurikulum pendidikan karakter pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN 004 Sangatta Utara, dilatarbelakangi oleh adanya krisis moral yang semakin banyak terjadi di masyarakat melalui korupsi, kekerasan, dan tindakan tidak etis lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa perlu adanya penguatan pendidikan karakter peserta didik tidak hanya dari segi kemampuan akademisnya tetapi juga dari segi moral dan pengembangan karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metodologi studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumenter. Partisipan dalam penelitian ini meliputi guru PAI, kepala sekolah, dan siswa SDN 004 Sangatta Utara. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa implementasi kurikulum pendidikan karakter pada mata pelajaran PAI di SDN 004 Sangatta Utara berhasil meskipun masih terdapat beberapa kendala.Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pendidikan karakter di sekolah dasar khususnya pengembangan mata pelajaran PAI.
Copyrights © 2024