Media pembelajaran audio-visual dikembangkan menggunakan materi sistem komputer untuk mengukur hasil belajar peserta didik MTs. Ponpes Raudatussalam Rambah Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas media audio-visual berdasarkan validator ahli materi dan ahli media, kepraktisan media audio-visual berdasarkan hasil angket respon peserta didik dan ketuntasan hasil belajar peserta didik mengunakan media berbasis audio visual. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli media dan ahli materi, angket respon peserta didik, dan tes hasil belajar (THB). Teknik analisis data menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran audio-visual pada materi system komputer untuk mengukur hasil belajar peserta didik MTs Ponpes Raudatussalam rambah memperoleh skor validitas dari ahli media yaitu 98% dengan kategori sangat valid dan skor validitas ahli materi yaitu 100% dengan kategori sangat valid. Media pembelajaran audio-visual pada materi sistem komputer untuk mengukur hasil belajar peserta didik MTs Ponpes Raudatussalam Rambah memperoleh skor kepraktisan dari uji coba kelompok kecil yaitu 88% dengan kategori sangat praktis. Media pembelajaran audio-visual pada materi hidrosfer untuk mengukur hasil belajar peserta didik MTs Ponpes Raudatussalam Rambah memperoleh skor ketuntasan dari uji coba kelompok besar yaitu 89% dengan kategori sangat baik.
Copyrights © 2024